<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d4196416790633888123\x26blogName\x3dPasukan+Bumi\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://pasukanbumi.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://pasukanbumi.blogspot.com/\x26vt\x3d1040971366761521496', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
PASUKAN BUMI !

Friday, February 20, 2009
Toto Nugroho

Latarbelakang dari karya ini adalah bicara tentang elemen sebuah system. System dapat berjalan dengan sempurna jika ada 3 elemen yaitu aturan, kekuasaan, pelaku aturan. Dari 3 element tersebut tidak bisa dipisah-pisahkan, yang kemudian elemen-elemen disusun untuk membentuk suatu bentuk tertentu dengan performance merakit puzzle. Dan system akan membutuhkan suatu wadah, yang kemudian saya ambil image rumah, dengan alasan untuk mewakili wadah atau tempat tersebut. Ketika berada di dalam system dalam kondisi suka ataupun terpaksa kita harus patuh terhadap system tersebut (baca; mainstream).

Karya ini akan menggunakan bahan dari teak blok yang memakai system knockdown. Rumah ini merupakan stimulant untuk karya berikutnya. Bisa juga material atau bentuknya akan berubah menjadi sesuatu yang lain sesuai dengan proses pengembangan gagasan ketika karya telah di bawa ke ruang publik.

Labels: